hAv3 i GoT a lOnG wAy t0 RuN ?

Wednesday, November 12, 2008

Mengurangi Lingkaran hitam di Bawah Mata

Kelelahan hanyalah salah satu penyebab terjadinya lingkaran hitam di bawah mata. Banyak hal lain yang bisa menyebabkan lingkaran hitam tersebut, lingkaran yang terjadi akibat berkurangnya elastisitas kulit sehingga pembuluh darah di bawahnya menjadi lebih menonjol dan menimbulkan warna lebih gelap. Berbagai faktor lainnya selain kelelahan dan sinar matahari adalah: Usia. Saat usia bertambah, kulit di sekitar mata menipis dan kehilangan elastisitasnya. Untuk mengembalikan elastisitasnya, vitamin C dosis tinggi bisa membantu. Vitamin ini mendorong pembentukan kolagen yang amat berperan dalam elastisitas kulit. Namun untuk mendapatkan dosis yang tepat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Keturunan. Kecenderungan untuk mempunyai kulit yang tipis di sekitar mata bisa saja diturunkan dari generasi ke generasi, tak beda dengan kecenderungan untuk menderita alergi. Alergi. Alergi, terutama yang berhubungan dengan saluran pernafasan seringkali menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Timbulnya alergi tidak harus dibarengi dengan bersin atau sesak nafas, tapi bisa jadi hanya berupa hidup mampat atau mata membengkak. Untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap lingkungan atau makanan tertentu, tak ada salahnya melakukan tes. Setelah menemukan alergennya, sebaiknya jauhi sebisa mungkin. Vitamin C dosis tinggi juga diketahui mampu menolong meringankan. Kelelahan atau kurang tidur. Memperhatikan kecukupan tidur dan membatasi jam kerja di depan komputer dan menonton televisi akan membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah timbulnya lingkaran hitam di bawahnya. Merokok. Perokok aktif maupun pasif mendapatkan efek yang sama saja terhadap kesehatan mata. Mata bisa saja memerah, berair atau membengkak. Karena asap rokok dapat merusak vitamin C dalam tubuh, usahakan mengkonsumsi vitamin ini setiap kali selesai merokok. Kelebihan garam atau sodium. Garam menyerap air dan membentuk ‘bendungan’ di sekitar mata. Konsumsi garam yang berlebihan membuat cairan yang mestinya dikeluarkan dari dalam tubuh menjadi tertahan. Vitamin C dikenal bisa membantu mengeluarkan cairan tersebut. Faktor-faktor yang lain yang bisa menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata adalah menstruasi, kehamilan, dan gangguan kelenjar gondok.

Berikut triks untuk menghilangkan atau menyamarkan lingkaran hitam tersebut:
- Celupkan kapas ke dalam air mawar atau susu dingin. Berbaringlah, angkat kaki sehingga lebih tinggi dari kepala, dan letakkan kapas basah di atas mata tertutup. Biarkan selama 10 menit dan lakukan setiap hari sampai lingkaran hitam menghilang.
- Pijat lembut bawah mata dengan minyak almon sebelum pergi tidur.
- Berbaring dan letakkan potongan timun atau kentang pada mata tertutup selama 15 menit.
- Perhatikan makanan Anda, haruslah cukup mengandung zat besi, vitamin dan protein. Kekurangan salah satu ini akan muncul di mata sebagai lingkaran hitam.
- Minum banyak air putih dan istirahat yang cukup.

Latihan otot mata:
1. Duduk rileks dan lihat satu titik antara mata dan ujung hidung. Fokuskan pandangan pada
titik tersebut selama lima detik, lalu kembali. Kemudian arahkan pandangan ke ujung hidung
dan fokuskan selama lima detik. Latihan ini akan menghilangkan stres dan ketegangan mata.
2. Duduk rileks dan kepala lurus ke depan. Tarik nafas dan arahkan pandangan ke arah kanan
sejauh mungkin tanpa memalingkan muka. Pelan-pelan kembalikan pandangan mata ke
depan sambil menghembuskan nafas. Lalu ganti arah pandangan ke kiri. Ulangi sebanyak tiga
kali.
3. Duduk tegak dan lihat ke bawah. Pelan-pelan tarik nafas dan putar bola mata ke arah kanan
lalu ke atas. Sesampainya di atas coba untuk melihat alis. Turunkan bola mata ke arah kiri
sambil menghembuskan nafas perlahan. Lakukan latihan putaran bola mata ini sebanyak tiga
kali.

No comments: